Kemajuan Kreta Api Indonesia Bagi Bangsa Indonesia

https://kolomnasional.com/2018/08/kemajuan-kreta-api-indonesia-bagi-bangsa-indonesia/
Kemajuan Kreta Api Indonesia Bagi Bangsa Indonesia.
Melaju dengan berbagai inovasi, kereta api terus berupaya memberikan nilai dan manfaat bagi Indonesia. Melalui pengembangan yang dilakukan secara bertahap, di usia bangsa yang ke-73 tahun ini, PT Kereta Api Indonesia (Persero) sebagai BUMN operator kereta api telah mengantarkan masyarakat ke era pelayanan kereta api yang kian mumpuni.

Pengembangan teknologi, jasa, dan peningkatan kualitas SDM terus digeliatkan guna memberikan pelayanan yang tak hanya prima tapi juga memberikan kontribusi yang berarti bagi kemajuan Negeri.

Tidak bisa dipungkiri, kemajuan transportasi berjalan berdampingan dengan kemajuan ekonomi suatu Negara. Maka, pengelolaan aspek transportasi yang optimal menjadi salah satu kunci penting.
Nilai unggul kereta api dimana perpindahan barang maupun penumpang dari satu tempat ke tempat lain jauh lebih mudah dan terprediksi sehingga memperlancar proses bisnis yang berimbas pada kemajuan perekonomian.

KAI pun mengemas nilai unggul ini dengan memanfaatkan kemajuan teknologi dan kualitas pelayanan dari SDM yang berorientasi pada kebutuhan pengguna jasa. Maka tak heran, jika dalam beberapa tahun terakhir ini, berbagai peningkatan layanan dapat dirasakan.

Seperti pada tahun 2014, KAI telah menghadirkan aplikasi KAI Access dan mesin Cetak Tiket Mandiri (CTM). KAI Access merupakan aplikasi resmi yang dapat diakses di berbagai platform smartphone yang memudahkan calon penumpang untuk membeli tiket kereta api secara daring tanpa harus mengantre di loket stasiun.

Rail Clinic merupakan wujud kepedulian sosial sebagian bagian dari Corporate Social Responsibility (CSR) KAI. Rail Clinic menyediakan bantuan kesehatan secara gratis kepada masyarakat yang sulit menjangkau fasilitas pelayanan kesehatan. Hingga saat ini, KAI sudah meluncurkan Rail Clinic generasi ke-4.

Pada tahun 2016, KAI memberlakukan sistem check-in dan boarding pass di stasiun-stasiun keberangkatan KA. Sistem ini berfungsi untuk mengakurasi manifest penumpang serta membuat pengaturan penumpang lebih tertata dan tertib. Sistem ini pun membuat penumpang lebih nyaman karena hanya penumpang bertiket yang datanya telah sesuai dengan jadwal 1 jam sebelum keberangkatan yang diperbolehkan boarding dan masuk ke peron.

Dikatakannya, masih di tahun yang sama, KAI mengoperasikan Rail Library atau kereta pustaka. Rail Library ini dirangkaikan dengan Rail Clinic generasi ke-4 dan merupakan bagian dari CSR KAI. Selain ratusan buku, kereta ini juga dilengkapi dengan fasilitas belajar lain.

Pada tahun 2018, KAI bahkan telah menorehkan beberapa catatan baru dalam sejarah perkeretaapian. Misalnya, di pembuka tahun ini, KAI telah mengoperasikan kereta api bandara pertama di Pulau Jawa bertajuk KA Bandara Soekarno-Hatta. Kereta ini awalnya menghubungkan Stasiun BNI City dan Basoetta.

Selain penuntasan penugasan prioritas nasional, KAI pun tetap konsisten menghadirkan peningkatan layanan di tugas existingnya. Sebut saja seperti rangkaian KA baru stainless steel dengan berbagai fasilitas yang di-upgrade, kereta sleeper seat yang memanjakan penumpang dengan layanan yang berkelas, dan kereta priority perorangan. Di sisi angkutan barang, KAI baru-baru ini telah menghadirkan layanan KA Angkutan Limbah. Ini merupakan KA Angkutan Limbah yang pertama di Indonesia.

KAI juga telah menghadirkan portal angkutan barang yakni https://cargo.kai.id/ untuk meningkatkan kemudahan layanan angkutan barang yang menjadi salah satu media dalam memberikan informasi dan gambaran angkutan barang KAI.

Berbagai hasil kerja dan pencapaian KAI merupakan prestasi bagi bangsa. Kepuasan pengguna jasa KA sebagai bagian dari masyarakat Indonesia merupakan apresiasi yang terbesar.

Comments

Popular posts from this blog

Mensosialisasikan Peraturan Haji Embarkasi Haji

Krisis Moneter Turki Yang Sangat berpengaruh kepada indonesia

Mahasiswa UI Menemukan Cara Baru Agar Cadangan Minyak Tidak Cepat Habis